Tuesday, April 28, 2015

Rangkuman Artikel Seminar Komputasi Modern

 Komputasi artinya perhitungan dengan mengunakan komputer dan modern artinya mengikuti perkembangan zaman. Asal mula lahirnya komputasi adalah bermula dari kegiatan menghitung angka-angka aritmatika yang telah dilakukan oleh manusia sejak berabad-abad silam. Seiring dengan perkembangan zaman, perhitungan semakin kompleks sedangkan otak manusia memiliki kemampuan yang terbatas. Oleh karena itu terciptalah sebuah komputasi yang disebut dengan komputasi modern dengan alat perhitungan yang canggih seperti komputer.

Komputasi modern digagas oleh John Von Neumann (1903 - 1957). Dialah orang yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputasi modern.
Jenis-Jenis Komputasi Modern
1. Mobile Komputing
 Mobile Computing atau komputasi bergerak merupakan teknologi komputer untuk berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel sehingga mudah dibawa dan berpindah tempat.
Contoh : GPS dan smart phone
2. Grid Komputing
Grid Computing atau komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar.
3.Cloud CKomputing
 Cloud Computing atau komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Dan berikut saya akan membahas tentang seminar cloud komputing yang digunakan untuk peningkatan kualitas manajemen usaha kecil menengah. Mobile Cloud Computing sendiri merupakan perangkat komunikasi bergerak dengan menggunakan jaringan terdistribusi pada sistem cloud. Mobile cloud computing terdiri dari tiga domain heterogen yaitu mobile(seluler),cloud computing,dan jaringan nirkabe yang bertujuan untuk meningkatkan komputasi perangkat mobile menjadi lebih berguna.

 Manfaat danPenerapanDalam Kehidupan Sehari – hari

Setelah penjabaran definisi singkat diatas tentu penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat tekonologi berbasis sistem cloud.

1. Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dllkarena semua telah tersedia secara virtual.

2. Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computingseperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.


3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

 Digunakanya Mobile Cloud Computing karena bisnis UKM yang belum optimal.Maka dari itu perlu dibangunya sistem mobile cloud untuk usaha kecil menengah dengan teknologi computing.Metode Penelitian yang digunakan adalah seperti ini ;

Studi Pendahuluan -> Observasi/Studi Pustaka -> Perumusan Masalah -> Pembuatan Sistem -> Pengujian -> Implementasi

Mobile Cloud ini menggunakan dua unit server dengan teknik virtualisasi. Mesin server basis data dan sistem backup akan diimplementasikan dalam satu server yang telah dibenamkan sistem operasi yang mendukung KVM (Kernel-based Virtual Manager).Dengan adanya  metode ini maka tugas seorang admin adalah mengelola sistem.

 Kesimpulan tentng Cloud Computing, sistem yang telah mendunia yang dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam efisiensi penyimpanan data. Beberapa faktor seperti ketersediaan internet yang dibutuhkan sebagai jalur utama dalam distribusi data, kualitas vendor akan layanan sistem Cloud maupun masalah keamanan dan privasi seperti serangan peretas/hacker dalam meretas internet patut menjadi pertimbangan tersendiri sebelum anda beralih ke sistem Cloud. Selain vendor yang harus meningkatkan kualitas pelayanan mereka, pengguna juga diharapkan dapat lebih bijak dalam memilih kualitas vendor yang akan mereka gunakan untuk mengelola data berbasis Cloud Computing. Sedangkan untuk kekuranganya mungkin tidak adanya implementasi yang dilakukan di sebuah mobile, yang di upload pada hasil seminar ini hanya penampilan dari browser komputer saja tak menampilkan hasil dari smartphone.

Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode IV Yogyakarta, 15 November 2014
Narasumber  :         R. Arri Widyanto  dan  M. Arfan

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home