Monday, October 22, 2012

FITUR-FITUR NEW MEDIA (TWITTER)

Twitter
          Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasiakan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halamn profile pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan kedaftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
          Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs berbasis di San Bruno, California dekat San Fraansisko, dimana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Fransisko, Texas dan Boston, Massachusetts.



          Fitur-Fitur yang terdapat pada twitter

  • Home

Pada halaman utama kita bisa lihat kicauan yang dikirim oleh orang-orang yang menjadi teman kita,dan kita pun langsng bisa membuat status dari home.

  •     Profile
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profile atau data serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil

  • Follower/Pengikut
pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

  • Following/Mengikuti
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseoarang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk kedalam halaman utama.

  • Mentions
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara

  • Retweet(RT)
salah satu 'kebaikan' di twitter adalah Retweet(RT). anda pasti akan senang saat mengetahui follower anda me-Retweet status anda dan meneruskan ke follower mereka karena bernilai bermanfaat. Lebih dari itu, ada kemungkinan juga orang lain akan mem-follow anda sebagai si sumber informasi.

  • Follow Friday
merekomendasi kan seseorang untuk di-Follow dalam hastag Followfriday (#FF) termsuk dalam kebaikan twitter . Namun melakukan #FF tidak bisa asal-asalan. Alih-alih mencantumkan serentetan nama orang, akan lebih baik jika anda merekomendasikan user dengan deskripsi yag spesifik.

  • Replay
Mengusahakan untuk selalu membalas Tweet yang ditujukan pada anda adalah langkah yang baik didunia per-twitteran . Menggunakann layanan DM dibanding dengan melakukan replay malah lebih baik lagi karena terasa lebih personal.

  • Favorit
KIcauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

  • Pesan Langsung (DM)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut sms kerana pengiriman pesan langsung diantara pengguna tampa ada pengguna yang lain yang bisa melihat dan membalas pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirim pesan


  • Hashtag
Hashtag yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh pengguna lain.

  • List
Pengguna twitter sapat mengelompokan ikutan mereka ke dalam satu grup atau sebarau sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home